Tugas 1 APSI - Analisis Sistem Informasi ShopBack
Fandy Kuncoro Adianto
05111740000118 / APSI-C
Saat
ini ShopBack telah merambah 5 negara (Singapura, Malaysia, Filipina,
Indonesia, dan India). ShopBack sudah berafiliasi secara resmi dengan
lebih dari 300 e-commerce dari seluruh dunia termasuk Indonesia,
seperti raksasa ritel online Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Matahari
Mall, eBay, Blibli, Tiket.com, Zalora, Groupon, AliExpress, Agoda,
dsb.
ShopBack Indonesia melalui situs ShopBack.co.id telah berkomitmen untuk mendukung hasil karya anak bangsa Indonesia. ShopBack telah bekerja sama secara resmi dengan ecommerce-ecommerce lokal untuk menyediakan produk-produk dalam negeri yang berkualitas.
Secara umum, sistem informasi pada ShopBack sebagai berikut:
a. Transaction Processing System
b. Management Information System
d. Executive Informations System
05111740000118 / APSI-C
Analisis Sistem Informasi ShopBack
1. Sejarah ShopBack
Didirikan pada tahun 2014, ShopBack adalah startup portal e-commerce dari Singapura yang memanfaatkan program komisi cashback.
Hal ini memungkinkan pembeli online untuk mengambil kembali sebagian uang mereka ketika mereka membeli produk di e-commerce. Selain cashback, ShopBack juga memberikan promo, kupon diskon dan kode voucher untuk belanja online.
ShopBack Indonesia melalui situs ShopBack.co.id telah berkomitmen untuk mendukung hasil karya anak bangsa Indonesia. ShopBack telah bekerja sama secara resmi dengan ecommerce-ecommerce lokal untuk menyediakan produk-produk dalam negeri yang berkualitas.
2. Klasifikasi Fitur Aplikasi
Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ShopBack diantaranya:-
Aplikasi Smartphone iOS dan Android
-
Cloud Computing
-
Cashback ke akun rekening bank ATM, Indomaret, Alfamart, dll
-
Costumer
service melalui media sosial, callcenter, email
3. Analisis Sistem Informasi ShopBack
Sistem
informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk
manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan
operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi
dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang
tergorganisasi.
Secara umum, sistem informasi pada ShopBack sebagai berikut:
a. Transaction Processing System
Transaction
Processing System adalah bagian dari sistem informasi yang
merupakan sebuah sistem yang menjalankan dan mencatat transaksi rutin
harian yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.
Pada
ShopBack, setiap user yang akan melakukan transaksi, akan diarahkan
sesuai pilihan kemudian nominal cashback akan disimpan.
b. Management Information System
Management
Information System (MIS) adalah sebuah sistem atau proses yang
menyediakan informasi yang diperlukan untuk mengelola organisasi
secara efektif dalam suatu aplikasi sistem informasi yang menyediakan
laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen.
Pada
ShopBack, MIS ini berupa data-data traffic maupun banyaknya user
serta data pengunduhan yang ada di AppStore / PlayStore
c.
Decision Support System
Merupakan
middle management di dalam perusahaan yang dikembangkan secara khusus
untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan jangka
pendek, target laba, target penjualan, trend pasar berdasarkan trend
produk, inovasi produk, dan sebagainya.
Pada
ShopBack, Decision Support System diterapkan pada sistem rekomendasi
banyaknya cashback berdasarkan favorit pengguna / banyaknya pengguna
yang telah melakukannya dengan tujuan promosional dan menarik
pelanggan.
d. Executive Informations System
Merupakan
top level pada piramida perusahaan, yangmana menjalankan tugasnya
sebagai staf ahli atau expert staff yang melakukan keputusan jangka
panjang, jenis produk yang dilakukan dalam kegiatan usaha, jenis
bidang usaha yang dilakukan, dan sebagainya. Pada ShopBack, hal ini
diterapkan dalam afiliasi saham.
Komentar
Posting Komentar