Tugas 1 APSI - Analisis Sistem Informasi ShopBack

Fandy Kuncoro Adianto
05111740000118 / APSI-C

Analisis Sistem Informasi ShopBack



1. Sejarah ShopBack 

Didirikan pada tahun 2014, ShopBack adalah startup portal e-commerce dari Singapura yang memanfaatkan program komisi cashback. 

Hal ini memungkinkan pembeli online untuk mengambil kembali sebagian uang mereka ketika mereka membeli produk di e-commerce. Selain cashback, ShopBack juga memberikan promo, kupon diskon dan kode voucher untuk belanja online. 




Saat ini ShopBack telah merambah 5 negara (Singapura, Malaysia, Filipina, Indonesia, dan India). ShopBack sudah berafiliasi secara resmi dengan lebih dari 300 e-commerce dari seluruh dunia termasuk Indonesia, seperti raksasa ritel online Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Matahari Mall, eBay, Blibli, Tiket.com, Zalora, Groupon, AliExpress, Agoda, dsb.
ShopBack Indonesia melalui situs ShopBack.co.id telah berkomitmen untuk mendukung hasil karya anak bangsa Indonesia. ShopBack telah bekerja sama secara resmi dengan ecommerce-ecommerce lokal untuk menyediakan produk-produk dalam negeri yang berkualitas.

2. Klasifikasi Fitur Aplikasi

Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ShopBack diantaranya:
  • Aplikasi Smartphone iOS dan Android
  • Cloud Computing
  • Cashback ke akun rekening bank ATM, Indomaret, Alfamart, dll
  • Costumer service melalui media sosial, callcenter, email

3. Analisis Sistem Informasi ShopBack

Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.

Secara umum, sistem informasi pada ShopBack sebagai berikut:


 a. Transaction Processing System
 Transaction Processing System adalah bagian dari sistem informasi yang merupakan sebuah sistem yang menjalankan dan mencatat transaksi rutin harian yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.
Pada ShopBack, setiap user yang akan melakukan transaksi, akan diarahkan sesuai pilihan kemudian nominal cashback akan disimpan.

b.  Management Information System
Management Information System (MIS) adalah sebuah sistem atau proses yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk mengelola organisasi secara efektif dalam suatu aplikasi sistem informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen.
Pada ShopBack, MIS ini berupa data-data traffic maupun banyaknya user serta data pengunduhan yang ada di AppStore / PlayStore
c. Decision Support System
Merupakan middle management di dalam perusahaan yang dikembangkan secara khusus untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan jangka pendek, target laba, target penjualan, trend pasar berdasarkan trend produk, inovasi produk, dan sebagainya.
Pada ShopBack, Decision Support System diterapkan pada sistem rekomendasi banyaknya cashback berdasarkan favorit pengguna / banyaknya pengguna yang telah melakukannya dengan tujuan promosional dan menarik pelanggan.

d. Executive Informations System
Merupakan top level pada piramida perusahaan, yangmana menjalankan tugasnya sebagai staf ahli atau expert staff yang melakukan keputusan jangka panjang, jenis produk yang dilakukan dalam kegiatan usaha, jenis bidang usaha yang dilakukan, dan sebagainya. Pada ShopBack, hal ini diterapkan dalam afiliasi saham. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 5 RK - Resume Metode Dokumentasi Kebutuhan

Tugas APSI - Analisa Use Case